Front office departement merupakan suatu
bagian paling depan dari suatu hotel yang berfungsi sebagai penjual kamar dan
sering disebut selling room.
Menurut Richard Sihite (2000) tujuan dari front
office hotel adalah sebagai berikut:
1. Meningkatkan
tingkat hunian kamar serta pendapatan hotel dari tahun ke tahun
2. Meningkatkan
jumlah tamu langganan.
3. Memenuhi
kebutuhan dan kepuasan tamu secara baik, tepat dan cepat kepada tamu
4. Membentuk
citra hotel yang positif
Fungsi
Front Office Departement
- Image
Builder
- Administrator,
Mencatat reservasi, memeriksa pembayaran tamu serta menangani rekening
tamu, laporan statistik dan
keuangan.
- Menjual
kamar, kegiatan yang dilakukan antara lain: menerima pemesanan kamar,
melakukan pendaftaran tamu, memblok kamar.
- Sumber
informasi, Memberikan informasi tentang hotel, product and public service
(fasilitas hotel) dll
- Koordinator
Pelayanan, Mengkoordinasikan informasi dan data reservasi kepada seluruh
bagian lain untuk memenuhi keinginan tamu. Ex. Flower n cake
- Melaporkan
status kamar yang terkini.
- Membuat
laporan yang dibutuhan oleh hotel.
- Memberikan pelayanan telekomunikasi
untuk tamu.
- Memberikan
pelayanan barang bawaan tamu.
- Menyelesaikan keluhan tamu .
Peran
Petugas Front Office Department
- Pemberi informasi
Petugas front office diharapkan
mampu memberikan informasi yang jelas, benar dan cepat tentang produk,
fasilitas, aktivitas, pelayanan yang ada di hotel maupun di luar hotel,
informasi yang diberikan tidak hanya terbatas untuk tamu tetapi informasi yang
dibutuhkan oleh kolega/teman sejawat lainnya.
- Penjual (sales person)
Petugas kantor depan
diharuskan mempunyai jiwa menjual, selain dikarenakan fungsi utama menjual
produk hotel, bagian ini adalah bagian yang sering berhubungan langsung dengan
tamu hotel.
- Wakil manajemen
Petugas kantor depan dalam
keadaan tertentu dapat berperan sebagai wakil manajemen untuk
mengatasi/menyelesaikan masalah yang timbul di luar jam kerja manajemen.
4.
Penyimpan data
Sumber data kegiatan hotel
banyak berasal dari laporan yang dibuat oleh petugas kantor depan dan
penyimpanan data tersebut juga di bagian kantor depan, oleh sebab itu data yang
dibuat dan disimpan harus selalu terkini, sehingga manajemen dapat membuat keputusan
dan kebijakan yang tepat untuk masa yang akan datang
5.
Diplomatis
Petugas kantor depan pada situasi dan
kondisi tertentu diharapkan mampu melakukan tindakan secara diplomatis sehingga
dapat menjaga hubungan yang baik dengan tamu dan pihak lain.
- Pemecah masalah
Petugas kantor depan
diharapkan dapat memecahkan masalah yang dialami oleh tamu, tak terkecuali
masalah yang berasal dari bagian lain.
- Hubungan Masyarakat (Humas)
Petugas kantor depan berperan
secara baik, aktif dalam berhubungan dengan tamu dan masyarakat sekitar agar
terjadi hubungan yang harmonis dan berdampak pada pembentukan citra hotel yang
baik
Syarat
Petugas Front Office
- Pengetahuan
- Ramah
dan Sopan
- Murah
Senyum
- Penampilan
- Loyalitas
dan Dedikasi
- Disiplin
- Efisien
- Jujur
- Percaya
diri
- Penguasaan
bahasa asing
Laporan
Keuangan yang dibuat Front Office Department
- Cash report
Laporan yang berisi tentang
penerimaan uang tunai. Cash report akan disertai remittance of fund, yaitu
amplop yabg berisi uang tunai yang terima dari berbagai macam transaksi, uang
dimasukkan dalam amplop dan dimasukkan dalam brangkas /safety box. Keesokan
hari akan diambil oleh petugas General Cashier.
- City ledger report
Laporan keuangan yang berisi
data pembayaran tamu yang akan ditagihkan kepada perusahaan sesuai dengan yang
terantum dalam guarantee letter / voucher
3. High
balance report
Laporan yang berisi data transaksi tamu, dimana
deposit yang dibayarkan sudah melebihi batas credit limit atau over
limit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar