Saat tamu akan menginap di hotel pasti melakukan check in dan saat akan meninggalkan hotel pasti juga melakukan check out terlebih dahulu. Berikut merupakan tahapannya dan penjelasannya.
Pada Saat Tamu Membuat Reservasi :
- Advanced Deposit : tamu membayar sejumlah harga kamar sebagai jaminan atas pemesanan kamar
- Full Prepayment : tamu membayar penuh atas beaya kamar sesuai dengan lama tinggal nya
Pada Saat Tamu Registrasi /
Check In :
- Pada saat tamu check in ( dalam situasi tamu belum membayar deposit ),
- tamu diminta membayar deposit atau full prepayment untuk jaminan beaya kamar dan jaminan transaksi lain yang akan muncul
- Tamu yang menggunakan travel agent voucher atau guaranteed letter, biasanya hotel memberlakukan extra deposit , yang nantinya akan dikembalikan kepada tamu, manakala tidak ada transaksi yang muncul,
- Tetapi jika muncul transaksi , maka secara otomatis akan ter deduct.
During stay ( selama tamu tinggal di hotel
), ada beberapa transaksi yang biasa dilakukan :
1)
Paid out
Hotel mengeluarkan sejumlah
untuk keperluan tamu yang sangat mendesak. Jika transaksi harus terjadi, maka
harus ada persetuhjuan dari General Manager / Chief Accountant
2)
Correction
Penyesesuaian transaksi yang
telah dilakukan oleh tamu pada hari yang sama dengan posting transaksi
3)
Rebate
Pengurangan transaksi yang
telah diposting pada saat transaksi. Pengurangan ini terjadi karena kesalahan
posting atau terjadi kesalahan penghitungan transaksi
4)
Miscellaneous charge
Posting terhadap transaksi
yang tidak ada dalam department seperti : transaksi terhadap kerusakan yang
dilakukan oleh tamu , seperti equipment di kamar, fasilitas di restaurant atau
property hotel lainnya
5)
Transfer tagihan
Pemindahan tagihan tamu
kepada tamu lain, dengan persetujuan
tamu yang akan menjamin, serta kejelasan tentang transaksi apa saja yang akan
menjadi tanggungan
Beberapa
Jenis Rekening Tamu
- Individual Bill
Rekening ini akan mencatat
transaksi yang dipergunakan oleh tamu yang bersangkutan artinya pembayaran atas
nama tersebut
2.
Extra Bill
Rekening yang dibuat terpisah, apabila tamu
menggunakan faslititas di luar ketentuan yang tercantum dalam voucher, guarantee
letter atau yang sudah diatur dalam ketentuan kepanitiaan
Transaksi
Pada Saat Tamu Check Out
- Cash payment
Pembayaran atas transaksi
yang dilakukan dengan cara tunai
- City ledger
Transaksi atas tamu selama
menggunakan fasilitas hotel, ditagihkan kepada penjamin sesuai yang tercantum
dalam guarantee letter atau voucher
- Refund deposit
Pengembalian sejumlah uang
pembayaran tamu, yang dikembalikan kepada tamu pada saat check out, karena ada
kelebihan pembayaran
Check
Out Procedure
1.
Melakukan konfirmasi dengan tamu FIT apakah
akan extend atau check out sesuai dengan schedule
2.
Pada saat tamu sudah berada di counter,
dengan sopan menanyakan apakah ada minuman dan snack di mini bar yang di
consump
3.
Perlihatkan kepada tamu guest bill yang
sudah di print, untuk menghindari kesalahan posting transaksi
4.
Masukkan guest bill , uang kembalian ke
dalam amplop dan disampaikan kepada tamu, sambil menanyakan apakah ada masukan
atau komen yang akan disampaikan kepada manajemen
5.
Ucapkan terima kasih atas kunjungan tamu
tersebut
Group Check Out Procedure
1.
Melakukan kordinasi dengan tour leader
perihal total bill yang harus diselesaikan
2.
Kordinasi dengan bell captain pengechekan
kunci kamar untuk menghindari kunci terbawa oleh tamu atau ada barang tamu
tertinggal dikamar
Setelah proses pembayaran selesai dan kunci kamar
lengkap, ucapkan terima kasih atas kunjungan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar