Jumat, 23 November 2018

SIKAP DASAR DALAM INDUSTRI PERHOTELAN

Sikap fundamental atau sikap utama yang harus dimiliki karyawan dalam berperilaku sehari-hari di lapangan pekerjaan yang harus dimiliki dan diterapkan, karena sikap ini mempunyai peran sangat penting baik bagi perusahaan maupun bagi karyawan itu sendiri

o   Bagi Perusahaan :
1.    Tujuan operasional : terjaminnya kelancaran pelayanan kepada para tamu
2.     Tujuan financial : pencapaian angka pendapatan dan profit
3.     Kelangsungan hidup dan kesejahteraan karyawan
o   Bagi Individual karyawan :
1.     Dalam lingkungan kerja : akan mudah beradaptasi dengan lingkungan dan kolega , yang nantinya akan membantu kelancaran peningkatan karier
2.     Dalam lingkungan masyarakat : mudah diterima dalam masyarakat

Sikap dasar dalam berperilaku dalam memberikan pelayanan tidak bisa lepas dari yang namanya etika.
Etika yang dimaksud adalah norma, kaidah, ukuran tingkah laku yang baik dan sekaligus sebagai kewajiban seorang karyawan untuk diterapkan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.
ETIKA  yang menyangkut :
1)    Penampilan  Fisik
          Yang dimaksud adalah penampilan yang bisa ditangkap mata atas penampilan diri seorang karyawan, dan harus memperhatikan beberapa faktor : kebersihan, kerapihan, kesehatan serta kesopanan
1.     Kebersihan :
a)    Rambut bersih dari ketombe atau kotoran lainnya
b)    Gigi terpelihara dengan baik :  putih, bersih
c)    Kulit bersih
d)    Kuku jari tangan terawat bersih dan tidak terlalu panjang
2.     Kerapihan :
a)    Rambut digunting dengan rapih
b)    Tata rias wajah tidak berlebihan
c)    Pemakaian acessories yang tidak menyolok
3.     Kesehatan :
a)    Fisik dalam kondisi sehat dan tidak kurang suatu apapun
b)    Wajah tampil berseri
c)    Hindarkan bau badan yang tidak sedap
4.     Kesopanan :
a)    Tidak bertolak pinggang atau tangan didalam saku
b)    Tidak melepas sepatu pada saat bertugas
c)    Tidak dibenarkan duduk sambil menaikkan kaki keatas kursi atau meja

2)    Busana
Dalam penampilan busana, hal-hal yang mesti diperhatikan yaitu kebersihan, kerapihan, kelengkapan dan ketepatan
1.     Kebersihan :
a)    Pakaian atau uniform ( pakaian seragam ) yang dikenakan harus betul-betul bersih.
b)    Bebas dari noda atau bau yang tidak sedap
2.     Kerapihan :
a)    Busana harus rapih dan fresh, tidak ada kancing yang lepas .
b)    Dasi tidak dalam posisi miring dan fit baju tidak kedodoran
3.     Kelengkapan :
Uniform dikenakan dengan lengkap sesuai dengan ketentuan yang berlaku di perusahaan
4.     Ketepatan :
Ketepatan menggunakan uniform adalah ketepatan jadwal pemakaian, ketepatan pemakaian atribut, seperti name tag, pin , dll

3)    Keramahan dan Komunikasi
Pelaksanaan pelayanan mesti memenuhi syarat : Cepat – Tepat – Seksama dan Ramah tamah. Hal ini terbukti bahwa tidak jarang complaint tamu disebabkan oleh pelayanan yang kurang ramah dan komunikasi yang tidak efektif .
Keramahan dan komunikasi langsung lainnya yang harus diperhatikan :
1.     Penguasaan dan penggunaaan bahasa yang dimengerti lawan bicara
2.     Hindarkan penggunaan bahasa daerah
3.     Efisiensi waktu, tidak bertele-tele
4.     Mohon ijin atau maaf bilamana terpaksa harus menginterupsi ( menyela ) pembicaraan
5.     Hindarkan sifat pura-pura mendengar dan mengerti
6.     Tidak bicara sambil mengunyah permen, atau menutup mulut dengan sapu tangan maupun dengan atangan
7.     Tidak menunjuk arah dengan tangan kiri
8.     Jangan menyerahkan / memberikan sesuatu dengan tangan kiri
9.     Hindari mendahului tamu berjalan tanpa meminta permisi terlebih dahulu jangan menggoyang-goyang kaki pada saat menjalankan tugas
10.  Memasukkan tangan kedalam saku pada saat berjalan / berdialog / berdiri lama
11.  Bercanda pada saat menjalankan tugas
12.  Menggaruk - garuk kepala atau anggota tubuh lainnya pada saat berbicara dengan tamu atau lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar